Setu Babakan: Pesona Wisata Budaya 'Kampung Betawi' di Jakarta

Posted by Unknown

Wisata Jakarta | Setu Babakan | Kampung Betawi

Setu Babakan
Foto: gedoor.com

Setu Babakan atau Danau Babakan merupakan salah satu pesona wisata budaya Betawi di Jakarta. Setu Babakan memang diperuntukkan untuk pelestarian warisan budaya Betawi.

Setu Babakan adalah danau buatan yang memiliki luas 30 hektar dengan kedalaman 1-5 meter, sumber air dari danau ini berasal dari Sungai Ciliwung. Disekitar danau ditanami  beragam pohon buah-buahan yaitu Mangga, Palem, Melinjo, Rambutan, Jambu, Pandan, Kecapi, Jamblang, Krendang, Guni, Nangka Cimpedak, Nam-nam, dan Jengkol.

Wisata budaya, kuliner dan kesenian Betawi sangat kental disini, hal ini ditandai dengan dihadirkannya rumah-rumah khas Betawi yang dibagi menjadi 3 macam, pertama rumah Betawi gudang atau kandang, kedua rumah Betawi Kebaya atau Bapang, dan yang ketiga adalah rumah Joglo, hampir serupa dengan rumah khas Yogyakarta.

Untuk wisata kuliner, di Setu Babakan dijajakan berbagai kuliner khas Betawi, seperti Kerak Telor, Toge Goreng, Arum Manis, Rujak Bebek, Soto Betawi, Es Potong, Es Duren, Bir Pletok, Nasi Uduk, Nasi Ulam dan masih banya lagi. Sedangkan untuk keseniannya berupa berupa Lenong, Tari Topeng, Tanjidor, Marawis, Gambang Kromong, Tari Lenggang Nyai, dan Tari Narojeng.

Di Setu Babakan juga kerap diadakan upacara adat betawi, misalnya Penganten Sunat, Pindah Rumah, Khatam Qur'an, dan Nujuh Bulan.

Anda tertarik berwisata sembari menjelajahi kekayaan budaya betawi? Setu Babakan merupakan salah satu tempat yang kami rekomendasikan.


(Berbagai sumber)

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment